Sabtu, 19 September 2009

I,Robot & IMK Apa Hubungannya?

Seputar Film

Film I, Robot disutradari Alex Proyas asal Australia. Diangkat dari buku berjudul sama karya penulis Rusia, Isaac Asimov, film ini adalah film fiksi ilmiah dengan latar Chichago, Amerika Serikat pada 2035. Ceritanya tentang sepak terjang seorang detektif dalam mengungkap sebuah kasus pembunuhan. Smith berperan sebagai Del Spooner, detektif yang menyelidiki benar tidaknya sebuah robot menjadi pembunuh seorang ilmuwan pakar robot. Spooner juga harus mengungkapkan alasan robot yang diciptakan bukan untuk menyakiti manusia itu bisa berbuat kejam.

Pada film ini diceritakan mengenai kemajuan teknologi robot. Dengan setting waktu tahun 2035, kecanggihan teknologi robot dikisahkan memiliki 3 hukum, yaitu robot tidak boleh membunuh atau melukai manusia, robot harus mematuhi perintah manusia sepanjang tidak menyalahi aturan pertama, dan robot harus melindungi dirinya sendiri selama tidak melanggar aturan satu dan dua.

Film ini menceritakan sebuah perusahaan USR ( US Robotic) yang memproduksi robot untuk kebutuhan manusia. USR memiliki alat canggih yang dinamakan dengan VIKI. VIKI dirancang sebagai system perlindungan. Bisa dikatakan VIKI merupakan otak dari system robot yang diciptakan. Selain itu dikenal pula istilah nanite, berbentuk seperi cairan di dalam tabung, jika disuntikan ke otak system akan mempengaruhi semua system yang ada.

Dalam ceritanya, terdapat human error dalam pembuatan robot NS5, dimana robot-robot tersebut diciptakan untuk melanggar hukum-hukum yang telah ditetapkan. Sehingga munculah robot-robot perusak profesional yang sangat tidak patuh pada manusia. Untuk memperbaiki system tersebut, VIKI harus dihancurkan, dan cairan nanite harus disuntikan ke otaknya.

"I, Robot" menggunakan teknik visual yang paling spektakuler sehingga menjadikan robot terlihat lebih hidup. Cyborg adalah salah satu hasil rekayasa manusia dengan menggunakan teknologi canggih.


Hubungan dengan IMK

Cyborg yang sempat dibahas sembelumya, dibuat digerakkan seperti manusia secara real. Aplikasi dari cyborg munculnya film–film dengan menggambarkan suasana masa depan . Teknologi inilah yang menjadi dasar impian manusia tidak hanya mimpi saja, tapi sebuah presentasi yang dipaparkan secara detail oleh para sutradara dan produser film mencoba mengajak manusia menginjak realitas masa depan.


Film I Robot memaparkan bagaimana hubungan robot dan manusia, dimana peran manusia tergantikan peran robot, karena kesalahan manusialah robot bisa melawan manusia.


Teknologi robot dan system digital yang diciptakan oleh manusia bisa sangat membantu mempermudah pekerjaan manusia seperti dalam film tersebut. Namun, bisa juga sangat merugikan manusia, dan merusak kehidupan manusia jika terjadi kekacauan pada system. Selain itu dampak dari segi social ekonomi, teknologi tersebut dapat menambah pengangguran, dan mengurangi interaksi sesama manusia karena semua pekerjaan telah dilakukan oleh robot sehingga berkurangnya rasa saling ketergantungan sesama manusia.


Oleh karena itu, meskipun kemajuan teknologi telah sangat memudahkan segalanya, tetap perlu ada cara-cara alami /manual yang perlu dilakukan. Dengan maksud,ketika sistem dari teknologi tersebut error, kita tidak perlu kehilangan keseimbangan hidup kita.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar