BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Bahasa merupakan karunia ilahi. Proses perubahan yang menganggumkan dalam bidang bahasa memperlihatkan betapa fleksibelnya karunia ini. Dengan mengamati bahasa kita dapat menyadari bahwa tidak ada kelompok masyarakat yang lebih unggul dari yang lain karena tidak ada bahasa manapun yang dapat dikatakan terbelakang. Bahasa bisa dipelajari siapa saja, tiap-tiap bahasa layak direspek tidak soal banyak penuturnya. Begitu pula bahasa isyarat.
Bahasa isyarat adalah sarana komunikasi yang sempurna bagi kaum tunarungu. Setiap gerakan yang dibuat seorang tunarungu mengandung arti. Sayangnya tidak sedikit kaum tunarungu menggunakan bahasa isyarat yang tidak sesuai standar kaidah bahasa
Disamping itu sedikitnya orang awam yang mengetahui secara jelas bahasa isyarat. Sehingga keluarga yang kemungkinan anggota keluarganya adalah seorang tunarungu merasa kesulitan dalam berkomunikasi dengan mereka. Banyak buku pedoman / kamus bahasa isyarat muncul dipasaran, sayangnya hanya sedikit menambah pemahaman terhadap bahasa isyarat tersebut karena sulit dipahami maksud dari buku pedoman tersebut.
Berdasarkan keterangan diatas, penulis tertarik untuk membuat aplikasi pengenalan bahasa isyarat berbasis web untuk memberikan pemahaman bahasa isyarat baik kepada orang awam maupun kaum tunarungu. Pada web aplikasi ini disediakan huruf berupa gambar dan contoh kata dalam bentuk video bahasa isyarat.
1.2 Batasan Masalah
Mengingat begitu luasnya bahasa isyarat dan beragam penulis hanya membuat sistem isyarat dalam bahasa
1.3 Tujuan Penulisan
Tujuan dari penulisan ilmiah ini adalah untuk membuat aplikasi pembelajaran sehingga mempermudah mempelajari bahasa isyarat agar siapapun dapat berkomunikasi terhadap kaum tunarungu. Dengan adanya penulisan ini diharapkan kendala dalam berkomunikasi dengan kaum tunarungu dapat teratasi, setidaknya kaum tunarungu mengetahui sistem isyarat yang benar sesuai kaidah bahasa
1.1 Metode Penelitian
Untuk menyelesaikan penulisan ini dilakukan kegiatan sebagai berikut:
a. Pemilihan Software dan Penggunaan Hardware
Pada pembuatan web kali ini digunakan software PHP untuk mengatur tampilan-tampilan yang ada dan MySQL sebagai database pada website ini. Selain itu digunakan Macromedia Dreamweaver sebagai tempat pengeditan tampilan dan meng-upload apa saja yang ingin dimasukkan kedalam web. Penggunaan hardware juga diperlukan sebagai penunjang pembuatan web ini. Menggunakan Intel(R) Core(TM)2 Duo CPU T8100 @ 2.10GHz (2CPUs) sebagai processor dan RAM 2 Gb. Hardisk internal dengan kapasitas 220 Gb. Graphics Card menggunakan Mobile Inte(R) 965 Express Chipset Family berkapasitas 256 Mb. Operating system yang digunakan Windows XP Professional version 2002 service pack 2.
b. Pengumpulan Data
Dalam kegiatan ini, penulis melakukan dua cara pengumpulan data. Pertama, dilakukannya studi lapangan. Pada cara ini dilakukan pengamatan atau obeservasi langsung ke tempat yang berkaitan dengan kaum tunarungu. Cara kedua adalah riset dengan membaca buku-buku yang berhubungan dengan materi penulisan dan juga browsing informasi di internet. Hal ini dlakukan untuk mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya sehingga dapat digunakan untuk mendukung pembuatan penulisan ini.
c. Perancangan Website
Perancangan website dimulai dengan perancangan database yang digunakan. Setelah itu perancangan tampilan web seperti tombol-tombol navigasi dan link.
1.2 Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan merupakan pembahasan penulisan yang bertujuan memberikan laporan secara jelas dan sistematis. Penulis membagi penulisan ilmiah ini menjadi 4 bab, tediri dari:
Bab I Pendahuluan
Dalam bab ini terdapat gambaran umum tentang permasalahan yang akan dibahas seperti
latar belakang penulisan, pembatasan masalah, tujuan penulisan dan sistematika penulisan.
Bab II Landasan Teori
Menjelaskan tentng teori-teori yang mendukung atau berhubungan dengan penulisan ilmiah ini.
Bab III Analisa dan Pembahasan
Menjelaskan tahapan pembuatan aplikasi animasi, mulai dari struktur navigasi, rancangan tampila
atau storyboard data, tahap-tahap penyusunan dari awal sampai akhir, aplikasi suara dan objek.
Bab IV Penutup
Berisi kesimpulan dari keseluruhan penulisan, serta saran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar