Sabtu, 17 April 2010

Taukah Anda - Hebatnya Sayap ?

Menurut Anda, mana yang lebih terampil di udara? Pesawat atau makhluk hidup seperti kalelawar, serangga, dan burung? Percaya atau tidak, pesawat tidak dapat menandingi makhluk hidup kecil dan menakjubkan, yang “memiliki kesanggupan terbang yang luar biasa seraya menembus angin, hujan, dan salju”, kata Wei Shyy, seorang professor di bidang teknik penerbangan di University of Michigan. Rahasianya? Sayap yang bisa dikepak-kepakkan, hal ini tidak dapat dilakukan oleh pesawat sejak upaya pertama manusia untuk bisa terbang.

Sedarlah terbitan Februari 2009 menjelaskan sewaktu burung dan serangga sedang terbang, kepakan sayapnya terus berubah-ubah sesuai dengan lingkungan di sekitarnya. Ini memungkinkan binatang itu terbang berputar- putar dan melakukan memanuver tajam. Majalah science news melaporkan hasil pengamatannya tentang kelelawar, “ketika sedang terbang dengan kecepatan rendah, sekitar 1,5 meter per detik kelelawar mengepakkan sayapnya ke atas dan ke bawah kemudian dengan cepat mengepakkan sayapnya ke belakang saat bergerak ke atas. Ilmuan telah memperkirakan bahwa teknik ini .. membuatnya terangkat dan bergerak maju.”

Masih ada banyak hal yang perlu dipelajari tentang hewan-hewan terbang. Namun dari hal ini kita belajar bahwa alam lebih dulu dari pada teknologi tercanggih manapun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar