Senin, 21 Desember 2009

Makan Bersama memiliki Makna!

     Bertahun-tahun lalu di negeri-negeri Barat maupun Timur, banyak keluarga memiliki kebiasaan yang dianggap sangat penting. Seluruh keluarga berkumpul mengelilingi meja, setidaknya satu kali sehari untuk makan bersama. Tidak boleh ada gangguan apapun. Namun sayangnya, bagi banyak orang dewasa ini acara makan bersama bisa jadi dianggap kuno atau merepotkan. Di banyak rumah, acara makan keluarga hanya diadakan sekali-sekali.

       Kurangnya minat akan hal ini bisa disebabkan oleh banyak faktor. Salah satu penyebanya adalah kurangnya waktu yang disediakan untuk berkumpul bersama, ada banyak kegiatan yang dimiliki setiap anggota keluarga sehingga satu sama lain merasa disibukkan dan merasa tak ada waktu hanya untuk makan bersama.

      Pada hal acara makan bersama memberikan kesempatan bagi seluruh anggota keluarga teristimewa orang tua untuk memperhatikan kebutuhan emosi anak-anak. Anak-anak bisa bercakap-cakap dan mendengarkan dengan penuh respek. Percakapan memperkaya kosakata dan mengajarkan bagaimana menyatakan diri dihadapan orang lain. Hal ini akan bermanfaat ketika berhadapan dengan dunia luar. Dengan adanya acara makan bersama keluarga bisa bekerja sebagai satu tim, saling membantu satu sama lain menyiapkan segala sesuatunya, dari mulai memasak sampai membereskan setelah acara makan bersama berlangsung. Ada hal tersirat lain yang bisa tercipta dengan terselenggaranya acara makan bersama yaitu satu sama lain belajar memperlihatkan tata karma. Selain itu, pola makan keluarga akan sehat dan teratur.

      Memang mungkin acara makan bersama keluarga bukan solusi atas semua masalah, atau banyak yang mengencerkan manfaatnya. Namun, acara makan yang sederhana dan santai tersebut tetap memiliki bobot tinggi dimana hal itu akan membuka banyak kesempatan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar