Senin, 23 November 2009

PAHLAWAN MASA KINI-DAPATKAH ANDA?

Ketika mendengar kata “Pahlawan” apa yang terlintas dalam benak Anda? Ada banyak yang menyimpulkan pahlawan adalah seorang yang sangat berjasa atas perbuatan yang telah ia lakukan disertai dengan rela berkorban. Mendengar kata pahlawan kita teringat akan tanggal 10 November yang khusus diproklamirkan sebagai hari Pahlawan Nasional. Banyak yang berharap pada tanggal tersebut masyarakat mengingat kembali apa yang sudah dilakukan oleh para pahlawan pada masa sulit untuk melawan penjajahan. Kini pertanyaannya, dapatkan Anda menyebutkan nama pahlawan dan apa yang telah ia lakukan? Jika ya, berapa banyak yang dapat Anda sebutkan? Tentunya jumlah tersebut takkan sebanding dengan jumlah aslinya.

Dewasa ini kebanyakan orang yang tidak mengingat lagi orang-orang yang telah memiliki andil besar atas yang terjadi sekarang. Makna seorang pahlawan sirna seiring berjalannya waktu. Hal ini bisa disebabkan kurangnya kepedulian satu sama lain.

Kata pahlawan tak terbatas diberikan hanya kepada orang-orang yang terlibat dalam sebuah peperangan negara. Kini walaupun kita sudah tidak lagi dijajah oleh bangsa lain, secara tidak sadar kita cenderung dijajah oleh pikiran dan keadaan diri kita sendiri, tanpa ada keinginan untuk maju menjadi yang lebih baik. Namun tentunya tidak semua orang seperti itu, tentunya masih ada orang-orang yang ingin membuat dirinya dan orang disekitarnya maju. Misalnya, ada kisah seorang wanita yang memiliki pendidikan tinggi, ia rela bertugas ke daerah pelosok hanya karena ia ingin memberantas buta huruf. Mungkin Anda berpikir bahwa untuk menjadi pahlawan seperti itu terlalu sulit, Anda tidak perlu berkecil hati.

Jika ada pertanyaan sadarkah Anda ada suami/ istri/ orangtua/ kerabat/ sahabat atau orang terdekat Anda lainnya yang menjadi seolah-olah pahlawan atau orang yang berjasa selama kehidupan Anda? Ya siapapun bisa menjadi pahlawan tanpa disadari Anda dan saya pun bisa. Pahlawan tidak dilihat dari skala berapa banyak yang telah dibantu, tapi dilihat dari apa yang sudah ia lakukan.

Setelah mengetahui ada banyak orang yang dapat menjadi pahlawan bagi orang-orang terdekat atau bahkan negara, kini pertanyaannya apa yang dapat Anda lakukan bagi orang lain sehingga Anda bisa juga menjadi orang yang berjasa dalam kehidupan orang lain?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar