Sabtu, 17 April 2010

Tahukah Anda - Si Pembuat Benang Unggul?

Siapa yang tak pernah melihat laba-laba, binatang yang memiliki kemampuan menjaring. Tak sedikit industri perfilman membuat film animasi maupun film heroik yang terinspirasi dari binatang unik ini.

Lebih ringan dari pada kapas, tetapi jika dihitung menurut beratnya lebih kuat daripada baja, inilah gambaran jelas tentang benang laba-laba. Benang sutra tebal yang terkuat dari ketujuh jenis sutra yang dapat dipintal oleh laba-laba – banyak menarik perhatian. Benang ini tangguh dan lebih kedap air ketimbang benang ulat sutra, yang lazim digunakan untuk pakaian.

Laba-laba menghasilkan benang sutra pada suhu ruangan, dengan air sebagai pelaru. Selain itu benang laba-laba sangat tangguh. Jika diperbesar hingga seukuran lapangan sepak bola, jaring benang sutra itu dapat menghentikan pasawat jet jumbo yang sedang terbang.

Banyak ilmuan yang sangat terpesona mempelajari jarring benag laba-laba. “para ilmuan ingin mengembangkan sesuatu yang selentur dan setangguh benang laba-laba untuk membuat barang-barang, dari rompi anti peluru sampai kabel gantung pada jembatan”, tulis Aimee Cunningham di majalah Science News.

Menjiplak benang laba-laba tidaklah mudah, karena bahan ini dibuat dalam tubuh laba-laba dan prosesnya belum sepuhnya dipahami. Hal ini menujukkan adanya karya cerdas dari Pencipta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar