Rabu, 26 Mei 2010

Apakah Anda Stres?

Berlari-lari mengejar waktu dan kendaraan hanya untuk tidak terlambat sampai tujuan, sampai ditempat tujuan ada banyak hal yang harus dikerjakan entahkah itu tugas maupun hal lainnya, menuju perjalanan pulang ternyata ada banyak hambatan entahkah alat transportasi yang mengalami gangguan ataupun kemacetan yang luar biasa, kepenatan belum cukup sampai disitu. Sesampainya dirumah ternyata ada banyak pekerjaan rumah yang masih perlu dikerjakan. Pernahkah Anda mengalami hal tersebut? Apakah hal diatas – atau situasi lain menyebabkan Anda stres? Apapun penyebab stres Anda – stress bukan hal baru bagi manusia dan siapapun bisa mengalaminya.

Menurut majalah yang saya baca ternyata sebenarnya sters itu sendiri tidak terlalu buruk. Hal itu dapat mempersiapkan kita untuk menghadapi kesulitan. Dalam situasi yang mengancam kehidupan , stress memungkinkan orang melakukan hal-hal yang luar biasa yang tidak pernah terpikirkan. Apabila mendapatkan tugas penting, sters dapat merangsang prosksi adrenalin yang memungkinkan Anda menyelesaikan tugas itu tepat waktu.

Namun, yang menjadi masalah adalah jika stress itu berlarut-larut dan tubuh kita tidak bisa rileks. Stres yang berkepanjangan bisa menimbulkan kekhawatiran, ketegangan otot, tekanan darah yang meningkat, gangguan pencernaan dan, mungkin dibutuhkan waktu yang lama untuk kembali normal (sedarlah,2010).

Untuk hal itu kita perlu mengetahui bagaimana menjaga stress tetap terkendali, sehingga kita memiliki kebiasaan mengelola stress setiap hari. Menurut majalah sedarlah terbitan Juni 2010 yang saya baca ada beberapa tips yang menarik dalam menjaga stress tetap terkendali, yaitu:

- Jangan mengharapkan kesempurnaan dari diri Anda atau orang lain.

- Tetapkan prioritas yang tepat.

- Berolahraga secara teratur.

- Menikmati ciptaan Sang Pencipta.

- Secara teratur, sisihkan waktu untuk santai.

- Upayakan relaksasi dan tidur yang cukup.

Setelah membaca artikel tersebut dan secara perlahan mencoba saran-saran yang terdapat dalam majalah tersebut,, saya akui cukup terbantu dalam menghadapi stress yang saya alami yang mencoba mengorganisasi segala sesuatunya dengan baik.

Berdasarkan keterangan diatas stress bisa kita umpamakan seperti kuda lincah yang dapat menjadi tunggangan yang baik dan menyenangkan. Namun, jika kuda itu menjadi liar dan tidak terkendali, ia dapat membahayakan kehidupan kita. Demikian pula, stress dalam dosis yang dapat dikendalikan bisa membuat kehidupan ini menyenangkan, memberi kita pendorong untuk kreatif, produktif, antusias, dan sehat. Maka kelolalah stress Anda sesuai porsinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar