Rabu, 26 Mei 2010

Pakaian dan Penampilan Berbicara—Tentang KAMU

PERNAHKAH kamu mengagumi berbagai macam warna bunga musim semi di taman atau tertegun pada corak indah yang ada di antara ikan-ikan tropis? Dengan melihat semua ini kita diyakinkan bahwa Pencipta kita menghargai keanekaragaman dan keindahan. Ia tidak mau segala sesuatu kelihatan menjemukan, suram atau membosankan. Dan betapa menariknya melihat berbagai macam orang di seluruh dunia! Tetapi pernahkah kamu berhenti dan memikirkan bahwa penampilan luar yang kamu kenakan banyak menyatakan kepribadian dalam yang kamu miliki?

Sewaktu masih kecil pakaian kita mungkin tidak banyak mengungkapkan orang macam apa kita. Orangtua yang berperan dalam memilih pakaian sampai menyisir rambut. Tetapi seraya kita bertumbuh dewasa mereka memberikan anda lebih banyak kebebasan dalam memilih pakaian sendiri, mengatur rambut sendiri dan hal-hal semacam itu. Sekarang pilihan kita sendiri yang memainkan peranan. Makin lama penampilan kita makin memperlihatkan seperti apa kepribadian kita di dalam. Apa yang dinyatakan pakaian dan penampilan anda tentang dirimu?

Orang-orang yang sangat bangga kepada diri sendiri sering kali tampak dari dandanan yang sangat mengikuti mode. Mereka selalu ingin kelihatan ”menonjol” dari siapapun juga dengan pakaian atau penampilan mereka. Tetapi kebanggaan atau perasaan mementingkan diri dapat juga terungkap dengan penampilan yang sangat tidak rapi. Mengapa? Karena walaupun orang yang tidak rapi mungkin saja malas, ia juga mungkin memiliki sikap ”masa bodoh” yang mementingkan diri sehubungan pengaruh penampilannya atas orang lain. Di antara kedua ekstrim ini adalah orang yang tidak terlalu memikirkan diri sendiri dan yang prihatin terhadap orang lain. Penampilannya akan memperlihatkan hal itu melalui selera yang baik dan tidak berlebihan.

Padahal cara kamu berpakaian mengungkapkan dirimu dalam hal lain. Itu dapat menggolongkan kamu pada kelompok atau golongan tertentu, walaupun kita mungkin tidak melakukan apa yang mereka lakukan atau percaya apa yang mereka percayai. Orang menyangka bahwa kita sedikitnya merasa simpati terhadap golongan orang yang berpakaian sedemikian. Seperti pakaian, demikian juga model rambut, ada banyak macam cara mengatur rambut yang akan menyenangkan dan menarik tanpa harus menjadi tidak sopan atau tidak wajar.

Maka orangtua kita sudah sewajarnya berhak menetapkan petunjuk-petunjuk tambahan. Jika rumah yang kamu tinggali dicat dengan kombinasi warna yang menyala atau aneh, orang akan bertanya-tanya apakah kepala keluarga atau istrinya orang waras. Atau, jika rumah itu diabaikan atau kelihatan rusak, mereka akan kurang menghargai si pemilik rumah. Kamu lebih mewakili orangtua anda daripada rumah. Kamu membawa nama mereka dan, sebagaimana apa yang anda lakukan dan katakan menggambarkan pendidikan yang mereka berikan kepada kita sebagai anaknya dan menyatakan orang macam apa mereka itu, demikian juga dengan penampilanmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar